Home Sumsel OKI Cegah Stunting, Puskesmas Jaring Kesehatan ke Sekolah dan Masyarakat

Cegah Stunting, Puskesmas Jaring Kesehatan ke Sekolah dan Masyarakat

fhoto:bidiksumsel.com/niel

OKI, bidiksumsel.com – Salah satu kegiatan rutin di puskesmas adalah Program Pemberian Obat Pencegahan Kecacingan pada anak Sekolah Dasar (SD) dan anak balita.

Pemberian obat cacing dari pemerintah minimal 1 kali tiap tahun, anak sekolah dasar minum obat yang dibagikan pada kegiatan penjaringan kesehatan anak sekolah dan anak balita minum obat yang dibagikan bersamaan dengan pemberian vitamin A. Kamis, (17/06/2021)

Kepala Puskesmas Air Sugihan 25, Andi Gunawan Am, Kep mengatakan, melalui kegiatan Posyandu pihaknya membagikan Obat cacing pada anak anak PAUD, TK, SD di Desa Sukamulya dan di Desa Jadi Mulya, di Kecamatan setempat.

Dirinya menjelaskan, bahwa pemberian obat cacing dilakukan hanya pada anak yang sudah diatas 1 tahun, dengan tujuan, mencegah Stunting pada anak. Kondisi stunting ini ditandai dengan pertumbuhan tinggi anak yang tidak sesuai dengan usianya.

Lalu, mencegah anemia. Dapat mengoptimalkan penyerapan karbohidrat, protein, vitamin A dan zat besi sehingga meningkatkan kualitas hidup, status gizi dan perkembangan anak.

“Seorang anak yang mempunyai cacing di dalam tubuhnya akan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh sehingga nutrisi tidak sempurna diserap. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan seperti kekurangan zat besi, anak kurang gizi. Membunuh berbagai jenis cacing baik dari telur, larva dan cacing,” ujarnya.

Selain pembagian obat cacing, pihak Puskesmas juga melaksanakan pemberian Vaksin untuk ODGJ dan penyandang disabilitas di wilayah kerja Puskesmas Air sugihan 25.

“Tidak lupa kita juga selalu mensosialisasikan kepada masyarakat, yang kebetulan saat itu di Desa Bandar Jaya. Tentang menggunakan masker dan tetap menjaga Jarak serta Perilaku hidup bersih sehat (PHBS),” bebernya. (niel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here