Home Berita Pemprov Capai Target Produksi Padi, Bupati Banyuasin Dapat Penghargaan dari Gubernur

Capai Target Produksi Padi, Bupati Banyuasin Dapat Penghargaan dari Gubernur

Gubernur panen raya bersama Bupati Banyuasin

PALEMBANG – Upaya Kabupaten Banyuasin untuk mencapai target Pencapaian Produksi padi tertinggi di Sumsel Tahun 2019 melalui penerapan Aplikasi Full Tekhnologi Terluas, dan penerapan Full Mekanisme Pertanian membuahkan hasil di Desa Sungai Pinang Kec. Rambutan Kab. Banyuasin 16/08/2020).

Hal tersebut dibuktikan dengan diterimanya Piagam Penghargaan yang diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) kepada Bupati Banyuasin H. Askolani, SH, MH, usai melakukan panen padi sawah lebak bersama.

Penerapan Program Mekanisasi Pertanian yang diterapkan di Kabupaten Banyuasin dimana memiliki lahan yang sangat luas adalah contoh keberhasilan dari program penerapan mekanisasi pertanian yang pengelolaanya dilakukan dengan baik.

Program ini lebih menekankan pada penggunaan teknologi pada pekerjaan yang tidak dapat dilakukan secara manual, dimulai dari prapanen sampai pasca panen, dimana tentunya penerapan program ini akan lebih efisiensi waktu, tenaga dan biaya operasional, yang tentunya guna meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

Dalam sambutannya HD menyampaikan sangat mengapresiasi sekali acara pada hari ini, dimana Pemkab Banyuasin dapat meraih penghasil beras ke – 4 tingkat nasional, “saya sangat mendukung sekali apa yang telah dilakukan Bupati Banyuasin” ucapnya.

“Contohnya seperti yang kita saksikan bersama – sama, meskipun kita lihat disekitar lokasi acara ini berdiri perumahan, akan tetapi lahan pertanian tetap dipertahankan, itu artinya Bupati sangat fokus pada alih fungsi lahan, ujar HD.

Selain itu HD sangat mensuport sekali agar Banyuasin ke depan bisa menjadi penghasil beras pertama tingkat Nasional. “Hal itu sangat memungkinkan sekali karena potensi Banyuasin sangat mendukung sekali untuk itu”.

“saya yakin pasti bisa, tapi tentunya harus didukung oleh seluruh stakeholder untuk bergerak bersama – sama” dan untuk mendukung itu semua, sayapun akan Mengangkat 1000 (seribu) PPL yang memiliki pengetahuan akan pertanian, yang nantinya dapat benar – benar dimanfaatkan guna mencapai Peningkatan Pertanian di Sumatera Selatan, tambah HD.

Ditambahkannya pula dalam tahun ini akan ada penambahan 50 ribu hektar lahan pertanian dari kementerian dan saya akan arahkan sebagian ke Kab. Banyuasin, ujar HD

Sementara itu Bupati Banyuasin H. Askolani menyampaikan sangat berbahagia sekali atas kehadiran Gubernur Sumsel pada hari ini, karena berkat bimbingan dan perhatian Gubernur Sumsel selama ini Banyuasin bisa menjadi Penghasil Beras ke – 4 tingkat nasional, dan Pemkab Banyuasin akan berupaya semaksimal mungkin agar kedepan dapat menjadi peringkat 1 Nasional, mengingat lahan di Banyuasin ini masih begitu luas bila akan dipersiapkan menjadi lahan pertanian.

Pada kesempatan tersebut HD juga menyerahkan bantuan berupa Alsintan atau alat mesin pertanian yang terdiri dari 2 bh hand traktor, 2 bh Culivactor, dan 5 bh Pompa Air. (min)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here