Home Kota Palembang Call Center Siaga 112 dan KIM Siaga Edukasi Covid-19

Call Center Siaga 112 dan KIM Siaga Edukasi Covid-19

Suasana Call Center 112

PALEMBANG – Mempermudah pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Palembang, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menerapkan Layanan Call Center Siaga 112.

“Call Center Siaga 112 ini sudah beroperasi sejak 2018, dan merupakan salah call center terbaik di Indonesia, pada 2018,” kata Penanggung Jawab Layanan Call Center Siaga 112 Palembang, Cevi Nurgraha, Kamis (11/6/2020).

Pelayanan Call Center Siaga 112 juga menerapkan pelayanan dalam lima bahasa. Yakni bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Cina dan bahasa Arab.

“Dengan adanya layanan ini semakin mempermudah masyarakat dalam membutuhkan bantuan, khususnya yang bersifat darurat. Seperti kecelakaan, kebakaran dan korban kejahatan, ditambah lagi dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini. Nanti petugas atau operator akan menghubungkan ke instansi terkait,” ujar Cevi.

Ia menerangkan, layanan Call Center Siaga 112 merupakan layanan telepon gratis bagi masyarakat Palembang yang ingin mengetahui informasi seputar pelayanan administrasi di Palembang serta perkembangan informasi terkait Covid-19.

Cevi menambahkan, pihaknya juga mengedukasi masyarakat terkait Covid-19, melalui anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Palembang.

KIM ini adalah binaan Dinas Kominfo Kota Palembang yang selama ini juga berperan menyebarluaskan informasi pembangunan dan kebijakan Pemkot Palembang. Total di 107 kelurahan di Palembang ada 1.070 anggota KIM, dengan tiap kelurahan terdiri atas 10 anggota.

“Masyarakat yang mengadu bisa melalui via Grup WhatsApp yang kita bentuk. Kita sering meeting melalui via zoom. Setelah itu, KIM akan turun ke masyarakat memberikan edukasi dalam memutuskan rantai penyebaran Covid-19 dan bagaimana penanggulangannya bila terpapar Covid-19 di kelurahan masing-masing,” terang Cevi.

Nantinya, telepon yang masuk ke Call Center 112 Siaga Palembang akan diverifikasi oleh tim di lapangan. Sebelum tim kesehatan datang ke masyarakat yang terpapar Covid-19. ” Dari sinilah KIM akan memberikan pelayanan awal,” ujar Cevi. (nim)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here