Home Beauty Budi Setiawan Manfaatkan Limbah Serabut Kelapa Kerajinan Cocopot

Budi Setiawan Manfaatkan Limbah Serabut Kelapa Kerajinan Cocopot

Budi Setiawan warga desa Tambak Boyo Kecamatan Buay Madang Kab.Oku Timur sedang membuat kerajinan cocopot

OKU TIMUR РDitengah Pandemi Covid-19, warga desa Tambak Boyo Kecamatan Buay Madang, Budi Setiawan cukup kreatif  memanfaatkan limbah serabut kelapa.

Melalui keterampilan dan ketekunannya limbah diolah menjadi kerajinan produk rumah tangga yang bisa menghasilkan nilai ekonomis sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan.

Uniknya, kerajinan produk rumah tangga tersebut ialah cocopot alias pot yang terbuat dari bahan serabut kelapa. Ditangan Budi Setiawan tersebut, bisa dibuat berbagai aneka alat rumah tangga seperti cocopot.

Saat diwawancara, Budi setiawan mengatakan sudah sejak enam bulan terakhir, dirinya memikirkan bagaimana cara memanfaatkan limbah serabut kelapa ini. Karena bahan bakunya cukup banyak di Kabupaten OKU Timur khususnya di desa Tambak Boyo Kecamatan Buay Madang.

”Tentunya jika kita olah bisa menjadi karya bagi warga dan dapat menjadi tambahan ekonomi bagi keluarga sekaligus mengatasi pengangguran di masa pandemi ini,” ujarnya.

Dikatakannya, latar belakang menggunakan serabut kelapa agar bisa tahan lama, kuat terhadap gesekan, serta tidak mudah rusak atau patah dan juga tahan air.

Selain itu, tambahnya, bahan bakunya sangat mudah di dapat mengingat cukup banyak di wilayah Oku Timur. Kelebihan cocopot ini sumber bahan organik untuk media tanam lebih mampu mempertahankan dari kelembaban suhu, hemat air dan ramah lingkungan. Selain itu, juga mudah di atur untuk pemindahan tanaman lebih murah, praktis, dan efisien.

Dijelaskannya, membuat cocopot menjadi alternatif untuk menyelamatkan bumi dari pencemaran limbah berbahaya yang berdampak perubahan iklim.

Cocopot membuat sirkulasi udara pada tanaman bisa berjalan dengan baik. Sehingga mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman hias dan lebih penting ikut memperdayakan masyarakat,” pungkasnya. (Budi Utomo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here