Home Polda Sumsel Briptu Husein Masuk Final MTQ ke XXIX Tingkat Provinsi Sumsel

Briptu Husein Masuk Final MTQ ke XXIX Tingkat Provinsi Sumsel

fhoto : Humas Polda Sumsel

Palembang, bidiksumsel.com – Personel Polda Sumsel yang bertugas di Polsek Talang Kelapa, Polres Banyuasin, terpilih menjadi Qori Qira’at murratal utusan dari Kabupaten Musi Rawas pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Sumatera Selatan ke XXIX, yang dilaksanakan di Masjid Al-Mathoor SMB II Palembang tanggal 22 hingga 30 Mei 2022.

Atas keberhasilan itu, Briptu Muhammad Husein (27) mewakili Kabupaten Musi Rawas pada ajang MTQ ke-XXIX tingkat Provinsi Sumsel di Palembang.

Saat dimintai keterangan Briptu Husin sebelum tampil pada hari ini Kamis (26/05/2022), dia berupaya tampil maksimal. “Alhamdulillah setelah tampil nilainya langsung keluar dan dinyatakan masuk final Alhamdulillah,” ujarnya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto, MH melalui Kabid Humas Kombes Pol Drs Supriadi, MM, membenarkan bahwa Polri memang benar bersama masyarakat ikut membesarkan Syiar Agama Islam, apalagi saat ini baru saja kita ditinggal bulan suci Ramadan bulan diturunkannya Alquran (Syahrul Quran).

“Kita berharap dengan keikutsertaan personel Polda Sumsel tersebut di ajang MTQ ke XXIX tingkat Provinsi Sumsel menjadi motivasi personel Polri Umumnya untuk mempelajari Alquran serta mengamalkan Alquran, guna mewujudkan personel Polri Presisi. Dan ini membanggakan kita semua, mudah mudahan dapat ditiru oleh personel lainnya,” ujar Supriadi.

Briptu Muhammad Husein, kelahiran Palembang, 2 Januari 1995. Merupakan alumni MAN 2 Palembang, yang saat masih mengikuti pendidikan S1 di Universitas IGM Palembang.

Husein menceritakan menjadi kesempatan mewakili daerah, setelah pada tahun 2012 dan tahun 2015, 2022 terpilih mengikuti PTQ tingkat nasional setelah lolos seleksi daerah walaupun gagal diajang nasional. “Kali ini saya tak mau sia-siakan kesempatan dengan menargetkan juara, khususnya qiroaat Murratal pada MTQ Tk Provinsi Sumsel,” kata Husein.

Dalam tiga kali ajang MTQ itu, Husein gagal menorehkan prestasi. Hal ini ternyata menjadi pelecut semangatnya untuk meraih prestasi terbaik walau kemaren gagal di PTQ RRI/TVRI diprovinsi Aceh.

“Insya Allah kesempatan masuk final Qira’at Murratal pada MTQ KeXXIX Tk provinsi Sumsel motivasi untuk menjadi Pemenang dan Mohon Doanya semoga menjadi yang terbaik dan terpilih menjadi Pemenang Wakil Sumsel diajang MTQ Nasional dibanjarmasin bulan oktober mendatang,” ucapnya.

Terpisah, ketua LPTQ Provinsi Sumsel KH.Drs.Mudrik Qorie Optimis MTQ tk Provinsi Sumsel Tahun ini menghasilkan para pemenang nantinya dikanca nasional.

Dia menjelaskan, semenjak tahun 2006 Sumsel hampir tidak pernah sama sekali menjuarai diajang MTQ nasional. diantara penyebabnya kualitas lomba khususnya tingkat provinsi ditentukan oleh Dewan Hakim.

Dia mencontohkan seorang peserta ikut dalam satu provinsi namun tidak memenangi, kemudian ikut provinsi lain, justru terpilih menjadi pemenang tingkat Nasional. “Selain kita nantinya melaksanakan pembinaan pembinaan secara berkala kepada para pemenang sebelum diajang nasional yakni Training Centre,” ulasnya.

Dia menambahkan, dengan kepengurusan baru LPTQ tk Provinsi Sumsel ini pihaknya sudah melaksanakan perbaikan perbaikan termasuk sistem digitalisasi perhakiman termasuk Bimtek.

“Satu hakim, satu laptop, kemudian live score, peserta yang sudah membaca dalam hitungan satu sampai dua menit langsung tampil nilai. Hasil bacaannya dilayar monitor dan dapat diakses oleh publik artinya transparan yang berkeadilan dan akan menghasilkan juara juara ditingkat nasional,” jelasnya.

Dia menjelaskan, perhatian Pemprov Sumsel terhadap kegiatan MTQ tk provinsi sumsel sangat luar biasa, sangat cinta terhadap alquran bahwa gubernur berpesan hendaknya dilaksanakan benar benar baik dan bagus dan menjadi contoh oleh provinsi lain.

“Kita lihat pada pembukaan mtq kemaren benar benar sepaktakuler, meriah dengan kebudayaan melayu dengan islami dan mendapat rekor muri dengan pembukaaan bersama 999 para pembaca alquran diikuti peserta dewan hakim dan officialnya,” ungkapnya.

Dan reward untuk pemenang sangat menjanjikan baik pemenang pada tk provinsi ataupun Nasional, para pemenang bukan saja mendapat piala. namun, diberikan juga medali seperti juga diolahraga, medali perak, emas, ataupun perunggu.

“Dengan piala exslusif, ustad mudrik berharap ajaran alquran dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari, sehingga sumsel maju untuk semua bergelimang Alquran yang penuh barokah,” pungkas Pimpinan Ponpes Alittifaqiyah Indralaya Ogan Ilir. (rel/dkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here