Home Kota Palembang Bazar Ramadan Efektif Tekan Harga di Pasaran

Bazar Ramadan Efektif Tekan Harga di Pasaran

Pasar beduk dapat menekan harga pasar

PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang kembali melaksanakan bazar murah. Kali ini di Kelurahan Talang Aman, Kecanatan Kemuning, Kamis (22/4/2021).

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, yang meninjau bazar murah itu, mengatakan, kegiatan ini cukup efektif menekan harga sembako di pasaran.

Kerap kali, saat Ramadan, harga sembako melonjak cukup pesat. Ini tentu menyulitkan masyarakat, terutama yang kurang mampu, memenuhi kebutuhannya.

“Bazar murah ini untuk membantu kebutuhan masyarakat di tengah pandemi. Harga barang yang dijual juga jauh lebih murah, selisihnya bisa mencapai Rp 15 ribu per paket,” ujar Fitrianti.

Selisih harga Ini diketahui dari dialog Wawako Fitrianti dengan sejumlah pedagang yang meramaikan stand di bazar murah.

Ia menyebutkan, Pemkot Palembang rutin tiap Ramadan menggelar bazar murah. Didukung sejumlah perusahaan maupun riyel, antara lain, Bank Sumsel Babel, Indomaret, Alfamart, Hypermart, dan lainnya.

“Jadi, kita harapkan masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” ujar Fitrianti.

Ia menambahkan, hari ini adalah bazar murah hari ketujuh yang digelar Pemkot Palembang. “Masih ada 11 hari lagi. Kita laksanakan di seluruh kecamatan di Palembang.”

Fitrianti mengimbau jika saat bazar murah ditemukan barang kedaluwarsa, masyarakat jangan diam saja.  “Tolong dilaporkan. Tapi kita lihat sejauh ini tidak ada temuan maupun laporan barang kedaluwarsa.”

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani, mengatakan bazar murah ini akan digelar hingga tanggal 7 Mei mendatang yang bergilir di setiap kecamatan. “Ini baru yang ketujuh artinya masih ada 11 kali lagi bazar murah ini,” ujarnya.

Hardayani mengatakan selama bazar murah digelar antusias masyarakat juga cukup tinggi dan juga berpengaruh untuk menekan harga di pasaran.

“Alhamdulilah lumayan ada pengaruhya. Seperti daging kalau dipasar kan Rp 150 ribu perkilo, kalau di sini daging beku dari Bulog Rp 80 ribu untuk daging kerbau dan Rp 87 ribu untuk daging sapi,” beber dia.

Ia mengatakan bazar murah ini juga menggandeng Bulog, Ritel dan juga para pelaku UMKM. “Harga dipastikan cukup terjangkau apalagi yang retail menawarkan dalam bentuk paket dengan harga jauh lebih murah,” ungkap dia. (mnn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here