Home Fashion Atasi Banjir Harus Tersedia Masterplan Penanganan Banjir

Atasi Banjir Harus Tersedia Masterplan Penanganan Banjir

PALEMBANG – Gerakan Masyarakat Menolak Palembang Tenggelam (GMMPT) meminta dukungan kepada Walikota Palembang,  H Harnojoyo untuk menangani banjir di Kota Palembang.

Komunitas yang diketuai oleh Sutinah Andaryani ini mengungkapkan,  jika permasalahan banjir bukan tugas pemerintah saja melainkan ada partisipasi masyarakat agar dapat diatasi dengan maksimal.

“Memang dibutuhkan partisipasi masyarakat, karena tidak sepenuhnya pemerintah yang mengambil alih semuanya. Memang tugas pemerintah, tapi kalau tidak didukung oleh masyarakat juga tidak bisa berjalan dengan baik,” ujarnya,  Selasa (17/3) usai audensi di rumah dinas wali kota.

Sutinah menambahkan, pihaknya menawarkan lima poin yang menjadi solusi banjir, yakni pertama tersedianya masterplan penanganan banjir Kota Palembang.

Kedua, sistem peringatan dini bencana banjir (early warning system) yang dapat diandalkan. Ketiga, adanya pengelolaan dan pengendalian banjir secara menyeluruh (holistik) terpadu dan melibatkan berbagai pihak.

Keempat, optimalisasi dan modernisasi pengelolaan sampah. kelima, pembangunan kota harus disesuaikanndengan karakteristik alami kota Palembang, yaitu rawa,  sungai dan dataran rendah agar berkelanjutan

“Kita kerucutkan lima solusi. Alhamdulillah Pak Walikota merespon positif serta mendukung kegiatan kam. Proyek kami setelah ini membuat daerah percontohan dengan mempergunakan lima solusi dengan dan kita minta pengawalan para pakar yang akan memberikan contoh daerah yang tadinya banjir sudah tidak banjir,” jelas Sutinah.

Untuk tahap, awal kata Sutinah, pihaknya akan menunjuk satu kecamatan yang nantinya akan jadi percontohan kecamatan lain.

“Sama dengan rekomendasi kami, mengambil di kecamatam Kalidoni,  setelah ini target satu atau dua minggu ini kita survei. Tiga bulan sampai projeknya selesai,” kata dia.

Terkait pendanaan, pihaknya akan melakukan swadaya masyarakat. “Tapi, pak wali tadi menyarankan agar dapat bantuan anggaran melalui dinas terkait, seperti PUPR, DLHK dan dinas terkait lainnya, “tukasnya.

Wali Kota Palembang Harnojoyo menyambut baik usulan dari GMMPT. Harnojoyo juga mengatakan, Pemkot Palembang terus berupaya mengatasi genangan air maupun banjir di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini.

“Antara lain, dengan pembangunan kolam retensi, pompanisasi Bendung yang sudah berjalan. Kita juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.” (min)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here