Home Sumsel OKI Asset Desa Terbengkalai, Jaringan Irigasi Sawah Rusak Parah

Asset Desa Terbengkalai, Jaringan Irigasi Sawah Rusak Parah

fhoto : tampak bangunan jaringan irigasi pertanian di Desa Pulau Layang, Kecamatan Pampangan, Kabupaten OKI, tidak berfungsi hingga mengalami rusak parah/(bidiksumsel.com/daniel)

OKI, bidiksumsel.com – Bangunan jaringan irigasi pertanian di Desa Pulau Layang, Kecamatan Pampangan, Kabupaten OKI, tidak berfungsi hingga mengalami rusak parah. Jumat, (09/07/2021)

Asset bangunan desa ini terkesan tidak terawat dan terbengkalai. membuat suplai air di areal persawahan menjadi terhenti, hingga cukup menyusahkan petani.

Pantauan wartawan bidiksumsel.com, bahwa di areal persawahan di Desa Pulau Layang, Kecamatan Pampangan tersebut sangat memprihatinkan. Terlihat bangunan jaringan irigasi di areal persawahan di desa itu pun, bukan hanya rusak. Namun juga kotor dan penuh dengan rumput serta rumah keong.

Sangat jelas kalau jaringan irigasi di persawahan itu terhenti dan tidak berfungsi sejak lama.

Menurut pengakuan salah satu warga desa setempat, Alamsyah mengatakan, kalau lahan persawahan di Desa Pulau Layang itu ada ribuan hektare.

“Dari lahan tersebut, ada ribuan meter jaringan irigasi yang tidak lagi bisa berfungsi untuk mengalirkan air ke sawah – sawah petani di desa itu. Dan memang terkesan asset desa terbengkalai dan tidak terpakai,” ungkapnya.

Namun tambahnya, selama kurun waktu bertahun-tahun bangunan irigasi di lahan persawahan di desa tersebut rusak parah. Bahkan hampir 80% jaringan irigasi di kawasan itu rusak parah, hingga kini belum ada perbaikan.

Sehingga untuk mengatasinya, para petani di desa itu, menggunakan pompa penyedot air dari sungai terdekat untuk mengaliri air ke sawah – sawah.

“Yang banyak dikeluhkan petani sini jaringan irigasi rusak. Bagian talutnya banyak yang ambrol. Ini sudah bertahun-tahun, tetapi belum ada pembenahan khususnya lagi dari dinas terkait,” jelasnya.

Dia berharap, pemerintah setempat dalam hal ini dinas terkait, bisa memperbaiki saluran irigasi tersebut, ataupun mencarikan solusi yang tepat supaya jaringan irigasi dapat berfungsi maksimal kembali.

Sementara saat mencoba ke Pemdes setempat dan dinas terkait sehubungan hal tersebut, hingga berita ini ditayangkan belum dapat terkonfirmasi. (daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here