Home Berita Pemprov Adat Baik Seni, Budaya dan Lainnya Aset Besar Tak Ternilai

Adat Baik Seni, Budaya dan Lainnya Aset Besar Tak Ternilai

Gubernur menerima pengurus adat

PALEMBANG – Gubernur Sumsel H. Herman Deru menerima Ketua Pengurus Pembina Adat Sumsel, Albar Sentosa Subari dalam rangka silaturahmi dan berdiskusi terkait tentang adat di Ruang Tamu Gubernur  Sumsel, Jumat 28/8/2020).

“Saya ingin dan minta perlu adanya inventarisasi terkait adat baik itu masalah pakaiannya serta zonasinya agar jelas adatnya” jelas Herman Deru.

Ia menyampaikan, selama ini persoalan adat baik itu seni, budaya dan lainnya sudah cenderung jarang diperbincangkan. Padahal, semua itu adalah aset besar Sumsel yang tak ternilai, dan  berharap adat istiadat Sumsel dapat dilestarikan sampai ke generasi berikutnya..

“Saya kawatir kalau ini tidak segera dibentengi, bagaimana anak cucu kita nanti bisa tahu adat istiadat mereka” ujarnya

Ia menyampaikan, selama ini persoalan adat baik itu seni, budaya dan lainnya sudah cenderung jarang diperbincangkan. Padahal, semua itu adalah aset besar Sumsel yang tak ternilai, dan  berharap adat istiadat Sumsel dapat dilestarikan sampai ke generasi berikutnya.

.Ditambahkannya, adat budaya merupakan suatu benteng jati diri untuk menghindari pengaruh budaya luar begitu derasnya yang sangat mempengaruhi para generasi penerus sehingga norma adat istiadat maupun tatanan yang selama ini di masyarakat kita akan tergeser. Maka untuk itu sangat diperlukan sumbangsih dan pemikiran dari para pengurus maupun anggota untuk menuntun serta membentengi generasi penerus agar adat budaya tetap lestari.

‘Saya ingin adat menjadi muatan lokal bagi sekolah di seluruh kabupaten/kota se Sumsel. Dan sebagai pembina adat harus menjadi pembina bagai seluruh suku bukan satu daerah  ucapnya

.Ketua Pengurus Pembina Adat Sumsel, Albar Sentosa Subari utarakan kepada gubernur bahwa progres program kerja berjalan dan direncanakan akhir November  adanya rakor se Sumsel terkait adat dan siap membantu gubernur sebagai pemimpin dalam inventarisasi adat. (nim)

.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here