Home Berita Pemprov 2022, Kapasitas IPAL Lebih dari 20 Kubik Air Limbah per Hari

2022, Kapasitas IPAL Lebih dari 20 Kubik Air Limbah per Hari

Groundbreaking IPAL

PALEMBANG – Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Marwadi Yahya menghadiri acara Ground Breaking Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kota Palembang di Jalan Ir. Sutami, Kel. Sungai Selayur, Palembang, Rabu (4/11/2020).

Acara ini dihadiri juga oleh Kementerian PUPR yang diwakili Dirjen Cipta Karya, Danis Hidayat Sumadilaga. Pada kesemapatan itu, Danis mengatakan bahwa pembangunan IPAL di Kota Palembang merupakan Pilot Project yang akan diterapkan pada kota – kota lain nantinya.

Dijelaskannya juga bahwa pembiayaan pembangunan ini berasal dari dana sharing yang berasal dari dana hibah pemerintah Australia melalui Kementeriaan Indonesia Australia (KIAT), APBN, APBD Prov. Sumsel dan APBD Kota Palembang.

Danis juga menyampaikan bahwa IPAL Kota Palembang akan beroperasi pada tahun 2022 dengan kapasitas lebih dari 20 kubik air limbah perhari yang dapat diolah.

Danis juga menambahkan bahwa saat ini sudah terpasang saluran pipa sepanjang 5500 meter dari total 8000 meter pipa transmisi yang telah dibangun sejak 2017 lalu.

Menutup sambutannya Danis menyampaikan harapannya semoga pembangunan IPAL dapat terlaksana sesuai rencana dan dana yang diprediksi tidak terlalu jauh meleset”, tutupnya.

Pada kesempatan yang sama MY mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Australia karena sudah memilih Sumsel khususnya Kota Palembang sebagai tempat untuk memberikan dana hibah untuk membangun IPAL demi menciptakan sanitasi yang baik di Kota Palembang.

“ini merupakan kerjasama yang harus kita berikan apresiasi dan ucapkan terimakasih karena Pemerintah Australia bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia telah menunjuk Kota Palembang untuk menjadi Pilot Project pembangun IPAL demi mendukung terciptanya Sanitasi Air Limbah yang baik di Kota Palembang dan mendukung terciptanya kehidupan yang sehat pada masyarakat Kota Palembang”, ungkap MY.

Pada kesempatan itu, MY juga mengatakan bahwa Pemprov Sumsel sangat menyambut baik akan pembangunan ini. “karena pembangunan IPAL akan mendukung Pemerintah Sumatera Selatan dalam mewujudkan sungai musi yang bersih dari air limbah industri ataupun rumah tangga”, ucapnya.

MY juga berharap semoga pembangunan ini cepat selesai sesuai dengan rencana agar IPAL dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Kota Palembang dan dapat diterapkan juga di kota – kota lainnya.

Pembangunan IPAL bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungan melalui pengelolaan limbah cair rumah tangga dan kegiatan domestik lainnya di Kota Palembang. (min)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here