Home Palembang Kejati Sumsel Harus Ungkap Mafia Pasilitas Kredit Bank Sumsel Babel

Kejati Sumsel Harus Ungkap Mafia Pasilitas Kredit Bank Sumsel Babel

fhoto : Kantor Kejati Sumsel/saungnews

Palembang, bidiksumsel.com – Mengenai penyidik Kejati Sumsel yang memburu pelaku tindak pidana perbankan yang diduga menyebabkan kredit macet di Bank Sumsel Babel mencapai ratusan milyar rupiah.

Adanya dugaan mafia perbankan di Bank Sumsel Babel terkait lanjutan penyidikan perkara kridit macet PT Gatramas Internusa (GI).

Perkara ini yang menyebabkan komisaris PT Gatramas Internusa “Agustinus Judianto” dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi karena memberikan agunan yang tidak mengcover pagu kridit.

Menurut Deputy MAKI Sumsel Feri Kurniawan, Penyidik Kejati Sumsel menyatakan Agustinus Judianto pelaku tindak pidana perbankan dan dikenakan pasal pidana korupsi karena mempengaruhi Dirut Bank, Direktur Kredit, Apreasel, analis kredit dan legal officer sehingga pasilitas kredit Rp. 13,4 milyar dapat di cairkan.

“Apakah sedemikian piawai Agustinus sehingga mampu mempengaruhi banyak orang sehingga Bank Sumsel Babel mengucurkan pasilitas kredit, tentunya hal yang tak mungkin,” jelasnya. Rabu, (14/07/2021)

Tambahnya, Direktur PT GI mengajukan agunan bergerak bor drill pengeboran minyak untuk mendapat pasilitas kredit KMK dan agunan ini di nilai apreasel serta manajemen Bank Sumsel Babel mengcover pasilitas kredit yang di ajukan.

“Namun seiring waktu, PT GI menunggak pembayaran bunga plus pokok kredit sehingga bank Sumsel Babel melakukan penyitaan asset yang ternyata nilainya sudah menurun dan tidak mengcover pagu kredit. Duduk perkaranya seperti inilah yang diduga terjadi puluhan tahun di Bank Sumsel Babel namun baru kali ini Debitur Bank BSB di jadikan terpidana,” paparnya.

Ia mempertanyakan, Kenapa yang menunggak kredit puluhan dan ratusan milyar di Bank Sumsel Babel dan underlying agunan tidak mengcover, tidak dilaporkan manajemen Bank BSB ke aparat hukum.

“Vonis 8 tahun dan uang pengganti sebesar pagu kredit Rp. 13,4 milyar menciptakan ketakutan bagi nasabah Bank BSB, apakah kelak bila kredit mereka macet akan bernasib sama seperti Agustinus?,” ungkapnya.

Ia meminta kepada aparat hukum, sudah saatnya menindak lanjuti semua kredit macet di Bank Sumsel Babel dan jangan sungkan – sungkan walau mereka selalu siaga membantu Aparat hukum dan sering tatap muka dengan segala keramahannya. (yud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here