Home Nasional Tingkatkan Kualitas kelola informasi dan komunikasi, ASN diberi pelatihan Jurnalistik

Tingkatkan Kualitas kelola informasi dan komunikasi, ASN diberi pelatihan Jurnalistik

Ajakan Pemkot Palembang untuk menerapkan protokol kesehatan

Jakarta – Seiring berkembangnya zaman, berita dan informasi menjadi sebuah kebutuhan mutlak, tak terkecuali Aparatu Sipil Negara (ASN).

Guna meningkatkan pemahaman akan dunia Jurnalistik dan peningkatan kualitas pengelolaan informasi dan komunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo akan menggelar pelatihan jurnalistik secara daring ” Jarkom” (Jadi pinter bareng Kominfo Newsroom).

“Jarkom akan berlangsung selama lima hari, mulai Senin (12/10/2020) hingga Jumat (16/10/2020) secara daring melalui webinar Zoom. Setiap hari akan ada tema berbeda antara lain teknik menulis Berita Online, konten kreatif lewat infografis, membuat foto Jurnalistik, memaksimalkan konten audio visual, dan manajemen media,” jelas Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Prof. Dr. Widodo Muktiyo, Kamis, (15/10)

Pelatihan jurnalistik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengelola media instansi itu ditargetkan untuk meningkatkan kualitas informasi mengenai kebijakan, penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan kepada masyarakat.

Untuk diketahui, pelatihan ini merupakan bagian dari pelaksanaan fugsi Kementerian Kominfo sebagai Government Public Relation (GPR). Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo dalam Inpres No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, Menteri, Kepala Lembaga Non Kementerian, Gubernur, dan Bupati/Wali Kota diminta mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan dari masing-masing kementerian dan lembaga guna mendukung pelaksanakan komunikasi publik.

“Pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan kemampuan teknis ASN untuk mengembangkan dan mengelola informasi pada instansi masing-masing,” katanya.

Acara ini mendapat sambutan yang cukup baik dari para pengelola media instansi pemerintah di seluruh nusantara. Terbukti, hingga acara digelar tercatat sudah 600 orang ikut mendaftarkan diri.

Acara dibuka oleh Dirjen Informasi dan KomunikasiPublik Prof. Dr. Widodo Muktiyo, Senin (12/10/2020) Pukul 09.00 WIB.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Widodo Muktiyo memberikan apresiasi luar biasa terhadap kegiatan yang digelar Direktorat Pengelolaan Media Kemkominfoini.

“Semoga kegiatan ini bukan hanya berhenti di program. Namun, outputnya juga terlihatdan data berkontribusi pada kanal-kanal di media yang dikelola DirektoratPengelolaan Media,” ujarnya, penuh semangat.

Setelah sambutan, acara dilanjutkandenganpembahasan per topik. Ada lima topik yang disiapkan dalam program JARKOM kali ini, yaitu Teknik Menulis Berita Online, Konten Kreatif Lewat Infografis, Membuat Foto Jurnalistik, Memaksimalkan Konten Audio Visual, dan Manajemen Media. Setiap topik akan dibahas oleh narasumber dariKominfo Newsroom dan beberapa praktisi media.

Sebagai informasi, Kominfo Newsroom adalah pengelolaan media oleh Direktorat Pengelolaan Media Kemkominfo. Yang terdiridari Portal Indonesia (Indonesia.go.id), Portal Berita Info Publik (InfoPublik.id), Indonesia Baik, GPRTV, KomikKomunika, MajalahGPRNews, Jurnal Dialog KebijakanPublik, dan FMB9. (rill)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here